• RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Top Popular Posting

Jadwal Dakwah Aagym YM
Tugas Kuliyah BSI
Masiv Az-Zikra The News

All Posting

Category

Blogumulus by Roy Tanck and @Dangstars Distributed by Vulkanisir Online

All Visitor

Priview

free counters

wibiya widget

Blogger Widgets Blogger Widgets
close
close
#
Diberdayakan oleh Blogger.

The News

Translate Language

Share & Like yaa

Follow Blog Saya

My Facebook

Category

Tugas Kuliah BSI

Semester 1, 2, 3, 4, 5, 6 .. untuk melihat klik gambar

Buku - buku Ustadz Arifin

Mutiara Hikmah Facebook, The Miracle Of Dzikit, 4 Zikir Superdahsyat, 10 Zikir Pilihan Rekomendasi Rosulullah, dll. (Klik gambar lihat selengkapnya)

Cerita Islami

Cerita cerita Islami, Tips tips Islami, Hikmah hikmah, belajar Islam ..... (Klik gambar lihat selengkapnya)

Download Movie Animation

Download film movie kartun seperti Kungfu Panda, Madagascar, Ice Age ... ( untuk selengkapnya klik gambarnnya)

Tugas Kuliah BSI

Semester 1, 2, 3, 4, 5, 6 .. untuk melihat klik gambar

banner dakwah


Kultum Malam ke 12 Ramadhan
Mushollah Ash-Shidiqiyyah



  

Bissmilahirrahmaan nirrahiiim
Assalamu’alaikum warokmatullahi wabarokaatuhu.


Bulak Jatibarang Indramayu Sabtu 20 Juli 2013, pada malam ke 12 tarawih malam minggu, seperti biasanya Jama’ah Mushollah Ash-Shidiqiyyah melaksanakan sholat isya’ sholat tarawih dan sholat witir berjamaah. Malam ke 12 ini jadwal yang bertugas : H.Masyhuri sebagai Imam, Ust.Khadirin sebagai Kultum, dan Suryadi sebagai Bilal.





Setelah sholat Isya’ dan sholat tarawih 20 rakaat selesai dilaksanakan, tiba waktunya untuk kultum (kuliyah 7 menit), yang bertugas sebagai kultum adalah Ust.Khadirin. beliau membahas dengan tema “Tugas PIK-KRR”, katanya PIK-KRR itu organisasi kemasyarakatan yang bertugas untuk konseling anak-anak remaja yang menjerumus pada kemaksiyatan dan memperbaiki kejalan yang sebenarnya. PIK-KRR mempunya kepanjangan kata yaitu “Pusat Informasi dan Konseling, Kesehatan Reproduksi Remaja”.



Ust.Khadirin setelah memaparkan tugas dan apa itu PIK-KRR, beliau juga menceritakan cerita-cerita nyata yang dialami PIK-KRR. Cerita pertama, kata Ust.Khadirin “ ada teman saya yang kecanduan minuman keras (Miras) yang berjenis cap orang tua, dia kecanduan miras itu sudah lama dan sudah akut, kalau tidak minum badan akan terasa sakit sakit, dan kebiasaan itu terus berlanjut sampai dia menikah dan punya anak, dia sudah berkonsultasi sama saya “kata Ust.Khadirin” tapi tetap saja tidak berpengaruh. Dan suatu saat ada kejadian yang bikin ter-enyuh hatinya untuk berhenti minum miras, pada waktu itu dia menaruh minuman miras dibawah lemari dan itu tempat dia menyimpan miras, ketika itu pagi dia pergi kerja dan pas pulang anaknya tertidur pulas dia pulang sekitar waktu dhuhur, anaknya tidur pulas sekali dan dia pikir itu memang anaknya sedang tidur, tapi sampai masuk waktu ashar anaknya masih tidur dan dia punya perasaan tidak enak, si bapak itu kemudian mencium mulutnya untuk memastikan bahwa anaknya masih hidup dan setelah dicium nafasnya sedikit aneh dan akhirnya dia si bapak membawa anaknya ke puskesmas terdekat dan ternyata anaknya itu pinsan akibat meminum minumas keras milik bapaknya yang disimpan dibawah lemari, mungkin dikira sianak itu minuman biasa saja jadi diminum dan mengakibatkan dia pinsan karena meminumnya. Tapi Alhamdulillah atas kasih sayang Allah, anaknya selamat dan bisa tertolong. Dan pada waktu itu dia sibapaknya sadar kecewa dan ter-enyuh hatinya setelah ada kejadian seperti ini dan mulai sejak itu dia bertekad untuk tidak meminum miras lagi.

Setelah cerita nyata yang pertama Ust.Khadirin melanjutkan cerita nyata yang kedua yang dialami temannya juga. Ust.Khadirin punya teman sebut saja BRO, Bro itu usianya masih muda masih remaja belum menikah, kata si bro dia menceritakan hidupnya ke Ust.Khadirin yang kelam dengan dunia pergaulan bebasnya. Bro ini sudah memulai merokok sejak SMP, dan lama kelamaan sudah terbiasa merokok di juga mencoba obat-obatan terlarang, kata Ust.Khadirin sebut saja obat itu Pil Koplo. Si Bro ini sudah terbiasa dengan kebiasaan buruknya itu kalau tidak merokok dan menggunakan obat itu badannya akan sakit dan merasa tidak enak, kebiasaan itu berjalan lama. Dan Ust.Khadirin memberi masukan pada si Bro ini untuk mencoba berhenti dari kebiasaan buruknya ini, karena Merokok dan menggunakan Obat-obatan terlarang itu akan merusak badannya dan tentunya berdosa. Si Bro ini menyadari bahwa perbuatannya ini tidak baik dan dilarang di Agama, tapi mau bagaimana lagi kecanduan merokok dan menggunakan obat-obatan ini sudah  merasuk ke dalam kesehariannya dan tidak bisa dihilangkan. Ust.Khadirin terus memberi support dan masukan kepada si Bro ini untuk mencoba berhenti dari kebiasaan buruknya ini. Dan akhirnya si Bro ini mencoba untuk berhenti dari kebiasaan buruknya ini seperti Merokok dan menggunakan Obat-obatan terlarang. Akhirnya si Bro bisa berhenti menggunakannya dalam 1Minggu, 1 Bulan, 6 Bulan, bahkan sampai 1 tahun di sudah lepas dari obat-obatan terlarang itu. subhanAllah hidayah Allah telah masuk kepada si Bro ini melalui PIK-KRR.

Walaupun si Bro ini sudah berhenti dari kebiasaan buruknya ini, tapi dampak dari lamanya menggunakan obat-obatan terlarang dan merokok berat mengakibatkan tubuhnya sudah terserang penyakit yang berbahaya. Singkat ceritanya si Bro ini meninggal dunia karena dampak dari kebiasaan buruknya ini Merokok dan menggunakan Obat-obatan terlarang semasa hidupnya. Kata Ust.Khadiri yang melayat ke rumahnya si Bro (Alm) ini, di melihat si Bro (Alm) badannya hitam pekat dari leher sampai pinggang warna badannya itu hitam pekat, kata Ust.Khadirin mungkin itu akibat dari kebiasaan buruknya itu selama dia hidup. subhanAllah walaupun Merokok dan menggunakan obat-obatan terlarang itu bisa bikin kita puas dan senang (menurut si pemakai), tetapi itu bukan jalan untuk memberikan kepuasan dan kesenangan hidup yang sebenarnya. Kalau pengen hidupnya tenang dan bahagia tentunya kembalilah kepada Allah dan bersahabat dengan yang suka mendekat kepada Allah.

Ust.Khadirin setelah menceritakan kisahnya yang kedua di menceritakan kisah nyatanya yang ketiga. Di bertemu dengan remaja laki-laki panggil saja PRUS, sama seperti kisah pertama dan kedua si Prus ini kecanduan Miras, Pil, dan merokok juga. Ust.Khadirin tidak menceritakan kisah hidupnya dia menceritakan langsung ke akhir hayat hidup si Prus ini. Karena si Prus ini menggunakan yang dilarang itu dia merasa hidupnya bebas dan setelah memakai itu semua yang dilihatnnya itu bagaikan khayalan dan bayangan yang menyenangkan. Dan pada suatu saat dia mengendarai motor dalam keadaan mabuk, ada mobil tronton yang sedang berhenti dipinggir jalan (*mungkin mobil tronton ini sedang parkir) nah si Prus ini dia pikir itu hanya bayangan saja bukan ada mobil yang sedang berhenti, akhirnya si Prus ini menabrak mobil tronton ini dengan kencang dan mengakibatkan si Prus tergeletak dan tak berdaya di pinggir jalan karena menabrak mobil tronton tadi, singkat cerita si Prus ini meninggal dunia akibat kecelakaan yang sangat parah yang mengakibatkan dia sampai meninggal dunia.

Setelah menceritakan 3 kasus yang dialami PIK-KRR, Ust.Khadirin menambahkan cerita lagi. Ada anak perempuan baru berusia 3 tahun, Ust.Khadirin mendengar percakapan anak perempuan itu, katanya “Pacar kamu siapa ?”. Ust.Khadirin kaget dan heran, baru usia 3 tahun tapi sudah tahu akan kata-kata pacaran, ini sungguh tidak pantas diucapkan oleh anak dibawah umur.

Ust.Khadirin memberikan contoh lagi, bahwa zaman sekarang pergaulan bebas sudah marak dikalangan remaja, salah satu contohnya di tv-tv banyak kasus para remaja yang mengandung diluar nikah dan lebih parahnya lagi anak itu dibuang begitu saja oleh ibunya lantaran anaknya lahir diluar nikah. Dan di desa kami juga (desa bulak), kata Ust.Khadirin banyak remaja sekarang pakaiannya itu ketat ukurannya kecil dan tidak layak dipakai, dan remaja ini bertemu (pacaran) dan janjian disalah satu tempat, dan lebih parahnya lagi remaja perempuan ini berasal dari desa kami (desa bulak) tapi remaja laki-lakinya berasal dari luar desa kami, ini sungguh memilukan buat kami.

SubhanAlllah, kisah-kisah diatas sangat jelas bahwa kebiasaan buruk dan pergaulan bebas yang diharamkan Agama itu sangat tidak baik untuk kita bahkan bisa menimbulkan kemaksiatan bahkan kematian. Ust.Khadirin berpesan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu jamaah Mushollah Ash-Shidiqiyyah “bahwa yang dialaminya ini selama bertugas sebagai PIK-KRR, bahwa para remaja sekarang butuh kebebasan dan tidak tertekan dengan aturan yang disuruh orang tuanya, mereka ingin bebas”, tetapi walaupun begitu orang tua harus mengawasi anak-anaknya dan tegas supaya tidak terjerumus dari dunia pergaulan bebas remaja yang menjerumus kepada ke maksiyatan. Dan bagi remaja supaya sadar diri mengerti diri dan pilihlah teman dan bergaul lah dengan teman yang baik dan tidak menjerumus kepada pergaulan bebas yang membikin kemaksiyatan dan menimbulkan dosa.

Itulah Kultum (kuliyah 7 menit) yang disampaikan oleh Ust.Khadirin, semoga Kultum yang singkat ini bisa bermanfaat dan bisa memperbaiki diri kita supaya bisa lebih berhati-hati dengan pergaulan bebas yang negative ini.

Sedikit cerita.
Setelah sholat isya’ sholat tarawih Kultum dan sholat witir selesai dikerjakan, seperti biasa remaja Mushollah Ash-Shidiqiyyah tadabur AlQu’an, pada malam ke 12 yang bertugas itu remaja perempuan. Dan pada malam 12 ini tadabur Qur’an selesai 30 Juz, dan seperti biasa setelah selesai kita berdo’a bersama yang di pimpin oleh Ust.Khadirin dan selesai berdo’a kita ada sedikit makanan-makan (gorengan) bersama. Kemudian kami diajak remaja KKN untuk main Futsal bareng jam 11 malam nanti, jadi setelah selesai makan-makan kecilnya, kita langsung menuju tempat Futsal bersama remaja KKN.

Itulah beberapa kegiatan dan peristiwa kecil pada malam ke 12 ini. Sekian dari kami kurang lebih nya mohon ma’af.
Billahi taufik wal hidayah ..
wassalamu’alaikum warakh matullahi wabarokaatuhu.

Sumber : Ustadz Khadirin
Penulis : Masiv Az-Zikra

Lihat Artikel Lainnya



Leave a Reply

Comments





======================================================================

Copyright © 2010 - 2015 | Design by @mamangsuryadi