• RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Top Popular Posting

Jadwal Dakwah Aagym YM
Tugas Kuliyah BSI
Masiv Az-Zikra The News

All Posting

Category

Blogumulus by Roy Tanck and @Dangstars Distributed by Vulkanisir Online

All Visitor

Priview

free counters

wibiya widget

Blogger Widgets Blogger Widgets
close
close
#
Diberdayakan oleh Blogger.

The News

Translate Language

Share & Like yaa

Follow Blog Saya

My Facebook

Category

Tugas Kuliah BSI

Semester 1, 2, 3, 4, 5, 6 .. untuk melihat klik gambar

Buku - buku Ustadz Arifin

Mutiara Hikmah Facebook, The Miracle Of Dzikit, 4 Zikir Superdahsyat, 10 Zikir Pilihan Rekomendasi Rosulullah, dll. (Klik gambar lihat selengkapnya)

Cerita Islami

Cerita cerita Islami, Tips tips Islami, Hikmah hikmah, belajar Islam ..... (Klik gambar lihat selengkapnya)

Download Movie Animation

Download film movie kartun seperti Kungfu Panda, Madagascar, Ice Age ... ( untuk selengkapnya klik gambarnnya)

Tugas Kuliah BSI

Semester 1, 2, 3, 4, 5, 6 .. untuk melihat klik gambar

banner dakwah


5 Hal Yang Harus Di Segerahkan
(By Ustadz H. Masyhuri)






Assalamu’alaikum Wr Wb

Bissmillahirrohmaanirrohiim…


Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin.. kita  masih bisa dipertemukan di pengajian rutin mingguan ini, setelah terpotongnya oleh bulan ramadhan. Walaupun kita sering bertemu setiap hari tapi saya tetap mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin, saya meminta maaf jika mempunyai kesalahan pada saat setiap harinya atau dalam kegiatan kajian rutin yang berlangsung ini. Dan saya juga telah memaafkan jamaah semua selama kajian ini berlangsung.

Sebenarnya minggu sekarang diisi oleh majelis ta’lim bersama Ustadz H.Muiz tapi kerana beliau sedang berhalangan maka untuk mengisi kekosongan saya yang mengisi, supaya tidak ada kekosongan dalam kajian yang pertama ini. Jadi sekarang diisi oleh saya dan Insyaa Allah minggu depan diisi oleh Ustadz H.Muiz.

Terberuru-buru adalah sifat atau perbuatan syetan, karena dalam mengerjakan atau melakukan apapun kalau terburu-buru itu hasilnya tidak baik. Contoh: kalau kita makan dengan terburu-buru pasti tidak enak dan akibatnya kesedak (keselek). Jadi apapun jika dikerjakan dengan terburu-buru pasti hasilnya tidak baik.

Tapi dalam pembahasan kali ini : ada 5 hal yang diharuskan terburu-buru atau dikerjakan secepatnya sesegera mungkin jangan menunda-nunda, kalau tidak dikerjakan secepatnya nanti akan merugi bahkan berdosa.

1. Bersegerahlah Kalian Ber-Taubat Mohon Ampun Kepada Allah SWT.
Bertaubatlah segera karena kita tidak tahu kapan  ajal akan menjemput kita. Jadi kalau kita punya salah punya dosa segerahlah bertaubat mohon ampun kepada Allah mumpung masih diberi umur untuk bertaubat.
Jika kita menunda-nunda taubat maka dosa yang kita lakukan walau dosanya itu kecil namun jika dikerjakan setiap saat maka dosa yang kecil itu akan menjadi dan bertambah besar. Jadi jangan meremehkan dosa yang kita perbuat setiap harinya walaupun itu kecil.
Untuk itu disetiap selesai sholat kita ber-istighfar tiga kali, karena Allah menyukai orang-orang yang bersegera bertaubat jika ia telah melakukan dosa.

2. Bersegerahlah Membayar Hutang Jika Sudah Mempunyai Uang.
Karena diakhirat nanti tidak ada yang namanya dinar atau dirham, yang ada hanya pahala dan dosa. Jika kita mempunyai hutang dan uangnya sudah ada segerahlah bayar hutangnya, jangan uang itu untuk keperluan yang lain dulu. Jangan dulu membeli TV, jangan dulu dipakai untuk modal, jangan dulu di pakai untuk keperluan yang lainnya.
Segerahlah bayar hutang selagi uang ada untuk membayarnya. Kalau dapat kiriman uang dari korea atau arab (luar negeri menjadi TKI) maka segerahlah membayar hutang, karena jika hutang itu tidak dibayar sampai ajal menjemput maka hutang itu akan jadi masalah diakhirat nanti, jika kita mempunyai hutang maka diakhirat pahala kita akan diberikan kepada oarang yang kita hutangi sebagai penebus membayar hutang dan jika pahala kita sudah habis makan dosa orang yang kita hutangi akan menjadi milik kita, nauzubillah. Jadi intinya bayarlah hutang segera mungkin jangan nati-nanti.

3. Bersegerahlah Nikah Jika Sudah Ada Niat Atau Sudah Ingin Menikah.
Untuk bapak-bapak atau ibu-ibu  yang mempunyai anak gadis atau perjaka yang sudah meminta atau ingin menikah maka segerahlah dinikahkan jangan menunda-nunda, karena jika anak sudah ingin menikah tapi orang tua menunda atau entar-entaran, takutnya anak itu akan menikah (kawin) sendiri tanpa sepengetahuan orangtua, ujung-ujungnya orangtua pun yang menanggung malu, karena orangtua tidak menyegerahkan anaknya untuk menikah, kawin nya sudah tapi menikahnya belakangan itulah akibatnya, yang malupun kita sebagai orangtua.
Pointnya jika anak sudah ingin menikah segerahlah dinikahkan, jangan lihat pasangannya dulu tapi lihat akibat dari kalau tidak dinikahkan, yang penting pasangannya itu muslim bukan kafir (non muslim) karena zaman sekarang ada yang ingin jadi islam (masuk islam) hanya untuk membujuk pasangannya untuk keluar dari islam.

4. Bersegerahlah Mengubur Jenazah Pada Hari Itu Juga.
Jika ada orang meninggal maka pada hari itu juga harus dikuburkan jangan seperti orang kafir yang sampai berhari-hari baru dikubur. Jika ada lenggang waktu pada hari itu maka segerahlah dikubur. Tapi jangan salah paham dulu, jika contoh meninggal pada jam 12 malam jangan juga dikuburkan pada jam 12 malam itu juga tapi dikuburkan pada pagi hari yang mempunyai waktu lenggang asal jangan menunda sampai berhari-hari.
Kalau ada sanak saudara yang ada diluar kota, maka jangan menunggu dia pulang dulu, karena itu akan memakan waktu yang lama, contohnya perjalanannya atau persiapannya sampai berhari-hari. Pointnya bersegerahlah mengubur jenazah pada hari itu juga.

5. Yang Kelima Itu Buat PR.
Karena sebenarnya hari ini yang mengisi kajian Ustadz H.Muiz, jadi saya belum ada persiapan, jadi untuk yang kelima buat PR.

Untuk rangkuman kesimpulan keseluruhan adalah untuk yang ke-empat point ini harus diingat dan dilakukan segera jangan menunda-nunda karena akan mengakibatkan kerugian atau bahkan bisa saja berdosa.
Sekali lagi saya ingatkan 5 hal yang harus disegerahkan :
1. Segerahlah bertaubat mohon ampun kepada Allah selagi masih diberi umur untuk bertaubat.
2. Segerahlah membayar hutang jika sudah mempunyai uang, jangan membeli atau digunakan untuk keperluan yang lainnya karena hutang tidak boleh dibawa mati.
3. Segerahlah dinikahkan anak yang sudah meminta untuk menikah jangan menunda-nunda, nanti akibatnya anak akan menikah (kawin) sendiri.
4. Segerahlah mengubur jenazah pada hari itu juga yang mempunyai waktu lenggang, jangan sampai menunggu berhari-hari seperti orang kafir.
5. Buat PR.

Semoga kita menjadi orang yang bersegera dengan perintah Allah yang dibawa oleh Rosulullah. Karena apa yang diucapkan oleh Rosul itu sumbernya dari Allah jadi pasti benar pasti benar dan membawa kebaikan.
Insyaa Allah minggu depan diisi oleh Ustadz H.Muiz semoga kita masih diberi kesehatan untuk menghadiri kajian minggu depan.. aamiin.
Kita mulai saja zikir kita, dimulai dengan Istighfar … (zikirpun dimulai, kurang lebih selama 15 menit) selesai zikir ditutup dengan do’a. Al-fatihah …
Billahi taufik wal hidayah..
Wassalamu’alaikum Wr Wb.



---------------------------------------------------------------------------------------------------



Tambahan yang kelima itu adalah:

5. Segerahlah Menyuguhi Tamu Hidangan Jika Sudah Tiba.
Islam sangat menghormati orang lain, termasuk tamu, oleh karena itu memberikan hidangan kepada tamu yang dilakukan sesegera mungkin adalah perbuatan sunnah. Sunnah yang demikian ini dimaksudkan agar terjalin hubungan saling menghormati antar sesama, terutama sesama muslim.

Mohon maaf jika ada penulisan atau kata-kata yang salah, karena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Ini saja yang saya bisa rangkum dari tausiyah nya Ustadz H.Masyhuri yang saya dengar, kalau ada salah mungkin dari pengetahuan menyimak dan mendengar saya. Dan mohon maaf dalam tulisan tausiyah ini tidak ada ayat Qur’an atau Hadits, sebenarnya ada ayat Qur’an atau Hadits yang disampaikan, namun saya lupa dan tidak tau dan tidak mengerti tentang begituan.



Sumber : Ustadz H.Masyhuri
Penulis : Suryadi, MA
Tanggal : Senin, 4 Agustus 2014
Jam : 19.20 WIB
Tempat : Musholla Ash-Shiddiqiyah

Special Thank’s : Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Ustadz H.Masyhuri, Ustadz Khadirin, Jamaah dan sahabat Musholla Ash-Shiddiqiyah.

Lihat Artikel Lainnya



Leave a Reply

Comments





======================================================================

Copyright © 2010 - 2015 | Design by @mamangsuryadi