• RSS
  • Delicious
  • Facebook
  • Twitter

Top Popular Posting

Jadwal Dakwah Aagym YM
Tugas Kuliyah BSI
Masiv Az-Zikra The News

All Posting

Category

Blogumulus by Roy Tanck and @Dangstars Distributed by Vulkanisir Online

All Visitor

Priview

free counters

wibiya widget

Blogger Widgets Blogger Widgets
close
close
#
Diberdayakan oleh Blogger.

The News

Translate Language

Share & Like yaa

Follow Blog Saya

My Facebook

Category

Tugas Kuliah BSI

Semester 1, 2, 3, 4, 5, 6 .. untuk melihat klik gambar

Buku - buku Ustadz Arifin

Mutiara Hikmah Facebook, The Miracle Of Dzikit, 4 Zikir Superdahsyat, 10 Zikir Pilihan Rekomendasi Rosulullah, dll. (Klik gambar lihat selengkapnya)

Cerita Islami

Cerita cerita Islami, Tips tips Islami, Hikmah hikmah, belajar Islam ..... (Klik gambar lihat selengkapnya)

Download Movie Animation

Download film movie kartun seperti Kungfu Panda, Madagascar, Ice Age ... ( untuk selengkapnya klik gambarnnya)

Tugas Kuliah BSI

Semester 1, 2, 3, 4, 5, 6 .. untuk melihat klik gambar

banner dakwah

.


Untuk sahabatku semua, kali ini saya akan bahas tentang uban tumbuh pada usia remaja.
Sebenarnya uban juga sudah mulai muncul pada rambut saya, umur saya 20tahun. Walaupun munculnya itu satu helai saja. Mungkin sahabatku mengalaminya juga? atau lebih dari satu helai munculnya?? Anda perlu waspada, karena masih muda sudah muncul uban itu ada masalah pada nutrisi rambut kita.

Kebanyakan orang tau alasan kenapa uban muncul itu karena usia sudah mulai tua atau karena stress banyak pikiran. Sebenarnya alasan itu benar, tapi secara medis semua orang belum tau banyak, mari kita bahasa dari pengertian uban bisa tumbuh. Uban bisa tumbuh itu dikarenakan akar rambut yang ketidak mampuan untuk membuat pigmen untuk menumbuhkan rambut dengan warna asalnya, karena kekurangan pigmen jadi rambut tumbuh berwarna putih.

Pada umumnya, uban itu tumbuh pada rambut orang tua yang sudah kepala empat dan seterusnya, tapi uban tidak kemungkinan tumbuh juga pada usia remaja yang masih sekolah atau kuliah. Untuk alasan tumbuh nya uban dan cara mengatasinya mari kita bahas yang sudah dikutip dari Ummi Online.

Alasan Tumbuhnya Ubah
Uban memang tidak kemungkinan muncul pada usia remaja, namun ada beberapa kesalah yang ada pada rambut itu. Penyeban ubah tumbuh karena berganti-ganti shampo, menggunakan alat pelurus rambut, dan sering menggunakan obat keriting rambut. Adapun untuk penyebab lainnya, karena terlalu banyak menggunakan bahan kimia pada rambut yang dapat meracuninya, karena ada beberapa orang yang tidak mampu atau tidak cocok dengan bahan-bahan kimia.

Faktor genetik juga salah satu penyebabnya. Untuk usia masih remaja yang mempunyai penyakit agak berat, seperti kronis, penyakit dalam, tipus dan lupus, tidak kemungkinan mengkonsumsi obat-obatan, nah itu salah satu penyebab tumbuhnya uban pada usia remaja. Faktor lainnya dari lingkungan seperti polusi kendaraan atau asap pabrik, merokok aktif maupun pasif, dan mengkonsumsi makanan-makanan yang tercemar juga mengandung bahan pengawet. Untuk itu kurangi makan yang tidak sehat, dang anti dengan makanan yang organik atau menyehatkan.

Bagaimana Cara Mengatasinya
Untuk mengatasi berhentinya pertumbuhan ubah, peneliti belum bisa melakukannya sampai saat ini, namun hanya peneliti alasan penyebab tumbuhnya ubah pada rambut. Satu-satunya cara untuk menghilangkan ubah itu hanya dengan menggunakan cat rambut.

Namun bagaimana tips menggunakan cat rambut yang aman bagi rambut kita?
Ingat sahabatku, jangan sembarangan salah pilih cat rambut untuk menutupi rambut kita atau untuk warna gaya (style). Pilihlah cat rambut yang memiliki izin dari pemerintah BPOM dan mempunyai sertifikat Halal dari LPPOM MUI, karena itu sangat penting. Pilih juga warna cat rambut yang sesuai warna rambut kita, itu lebih aman. Gunakan cat rambut hanya pada rambut yang beruban saja dan lakukan minimal enam bulan sekali.

Untuk jenis cat rambut, gunakan cat rambut yang semi permanan, jangan gunakan cat rambut yang semprot. Dan perlu diketahui, jenis cat rambut semi permanen itu tidak menghalangi masuknya air saat kita berwudhu, berbeda dengan cat rambut semprot yang menutupi genting rambut dan tidak menyerap air wudhu.

Untuk pemilihan warna, sebaiknya cat rambut warna hitam lebih baik jangan terlalu sering digunakan, karena didalam kandungannya mempunyai PPDA (para phenylenediamine), yang menyebabkan timbulnya kanker kandung kemih jika digunakan secara terus-menerus. Walaupun mengecat rambut diperbolehkan, tapi sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya. Gunakan cat rambut hanya pada rambut yang beruban saja, tidak untuk keseluruhan. Karena cat rambut mengandung zat kimia, yang semua orang sudah tau zat kimia jika digunakan berlebihan akan mengakibatkan efek yang kurang baik. Dan gunakan cat rambut itu sesuai aturan pemakaian yang ada dikemasannya.

Kesimpulan
Ada beberapa hal yang dapat memicu tumbuhnya uban, di antaranya ada 9 penyebab tumbuhnya uban :

1. Faktor Usia.
2. Faktor Genetik.
3. Kekurangan Pigmen pada rambut.
4. Bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan rambut.
5. Obat minum bagi penderita penyakit kronis.
6. Obat minum untuk penyakit dalam, seperti tipus, lupus, dan sebagainya.
7. Faktor lingkungan atau polusi, misalnya asap rokok, asap knalpot, dan polusi lainnya.
8. Merokok.
9. Mengonsumsi makanan yang tercemar dan tidak sehat.

Bagi sahabatku yang ingin menghindari tumbuhnya uban, kita perlu tinjau pada no 9 tadi. Perbaiki aktivitas kita sehari-hari seperti pola hidup sehat, hindari makan yang mengandung pengawet (seperti MSG, vetsin, dan pewarna buatan), memperbanyak mengkonsumsi makanan yang segar, olah raga yang teratur, dan istirahat yang cukup seperti tidur 6-8 jam sehari.


Jangan lewatkan, akibat sholat dengan tergesah-gesah lihat disini.

Lihat Artikel Lainnya



Leave a Reply

Comments





======================================================================

Copyright © 2010 - 2015 | Design by @mamangsuryadi